Senin, 11 September 2023

Flora normal Kulit

 

Flora Normal Kulit




Definisi

Kulit manusia tidak steril dari bakteri. Terdapat bakteri yang menetap pada kulit berkisar 102 – 106 CFU/cm2Bakteri yang menetap tadi dapat mempengaruhi anatomi, fisiologi, dan suspektibilitas pada patogen. Mikroba normal yang menetap tersebut dapat dikatakan tidak menyebabkan penyakit dan mungkin menguntungkan bila ia berada di lokasi yang semestinya dan tanpa adanya keadaan abnormal. Mereka dapat menyebabkan penyakit bila karena keadaan tertentu berada di tempat yang tak semestinya atau bila ada faktor predisposisi.


Klasifikasi Flora Normal Kulit

Flora normal dapat diklasifikasikan menjadi 2, yaitu: flora residen dan flora transien.  Flora residen merupakan bakteri yang berada di lapisan dalam kulit. Letaknya dibawah sel superfisial lapisan stratum korneum dan dapat ditemukan di lapisan permukaan kulit, karena letaknya yang dalam itu flora jenis ini lebih sulit dihilangkan secara mekanik. Mikrobiota residen memiliki fungsi sebagai kompetitor nutrisi pada eksistem dan antagonis mikroba.  Potensial patogenik yang lebih rendah dibanding dengan flora transien merupakan hal yang penting untuk mencegah kolonisasi bakteri yang memiliki kemampuan menimbulkan penyakit lebih besar pada kulit. Flora jenis ini terdiri dari mayoritas staphylococcus koagulase negatif dan corynebacterium, dengan kepadatan populasi antara 103 dan 103 CFU/cm2.


Flora transien mengolonisasi lapisan permukaan kulit dengan waktu yang singkat dan biasanya didapatkan dari kontak dengan pasien atau lingkungan yang terkontaminasi. Organisme yang termasuk dalam flora transien mudah dihilangkan dengan kegiatan mekanis seperti mencuci tangan. pH rendah, fatty acid pada sekresi sebasea, dan adanya enzim lisozim adalah beberapa faktor penting dalam eleminasi flora non-residen dari kulit. Flora transien, diantaranya Staphylococcus aureus, basil gram negatif, atau Candida species, merupakan penyebab infeksi nosokomial paling tinggi dan berperan dalam penyebaran resistensi mikroba. 

Tidak ada komentar: